Cari Blog Ini

selamat membaca dan berikan komentar setelah membaca

Sabtu, 13 April 2013

CORETAN TENTANG MESIN CUCI SAMSUNG JENIS WA (top loading)


Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang beberapa komponen yang ada pada mesin cuci jenis WA (top loading) dan kesrusakan – kerusakan yang sering terjadi. Berikut adalah ulasannya :
mesin cuci jenis ini mempunyai kelebihan yaitu dapat menampung pakaian dengan jumlah yang sangat banyak jika dibandingkan dengan mesin cuci yang tabung samping. Namun mesin cuci ini juga memiliki kekurangan yaitu memerlukan air yang cukup banyak untuk satu kali proses pencucian, sehingga boros sekali apabila digunakan untuk laundry. Berikut ini adalah bagian – bagian yang terdapat pada mesin cuci jenis ini dan kerusakan yang sering terjadi :

      1. Water Valve alat ini terdiri dari sebuah katup solenoid dan sebuah pir, alat ini digunakan untuk pengatur masuk nya air ke mesin cuci secara otomatis sehingga air yang masuk ke mesin cuci tidak berlebihan dan tidak kekurangan. Didalam alat ini juga terdapat filter yang berfungsi untutk menyaring air yang masuk ke dalam mesin cuci. Kerusakan yang sering terjadi pada alat ini yaitu :
·         Air tidak bisa masuk (eror 4E) : hal ini disebabkan karena ada beberapa kemungkinan yaitu: 1. filter yang ada di bagian ini tersumbat kotoran, untuk mengatasi hal ini bersihkan saja filter nya. 2. Tegangan 220VAC tidak masuk pada alat ini maka periksa dulu tegangan nya keluar apa tidak dari pcb main, apabila keluar maka dipastikan alat ini rusak karena terbakar. 3. Katub solenoid tidak bisa terbuka meskipun tekanan air sudah kencang, hal ini bisa diatasi dengan cara buka water valve nya lalu tarik pir nya agar pir dapat bekerja secara maksimal lagi.
·         Air masuk terus ke dalam mesin cuci : hal ini disebabkan katup solenoid sudah jebol karena terbakar, kalau terjadi kerusakan seperti ini maka harus diganti dengan water valve yang baru.

      2. V belt alat ini digunakan untuk menghubungkan antara motor wash dengan motor spin yang ada pada mesin cuci jenis WA. Kerusakan yang sering terjadi pada alat ini yaitu sudah kendor karena sudah termakan usia dan sering digunakannya suatu mesin cuci. Apabila sudah kendor maka putaran mesin cuci akan berkurang dan menjadi tidak kencang lagi. Untuk mengatasi hal tersebut kita dapat melakukan beberapa hal yaitu : 1. Setel kekencangan v belt dengan cara kendor kan baut yang ada pada motor wash lalu ubah posisi motor wash sampai karet v belt menjadi kencang lagi. 2. Ganti v belt yang lama dengan v belt yang baru.

      3. Motor Drain alat ini berfungsi sebagai penarik tuas karet case divi (saluran pembuangan) sehingga air yang ada didalam tabung dapat terbuang dengan baik. Alat ini juga berfungsi sebagai pemindah posisi (fungsi motor) dari motor wash ke motor spin, sehingga kalau alat ini rusak mesin cuci tidak dapat melakukan proses spin. Keruskan yang sering terjadi pada alat ini yaitu motor drain sering macet saat proses penarikan karet case divi. Masalah tersebut dapat terjadi karena tegangan 220VAC tidak masuk pada alat ini. Masalah ini juga dapat disebabkan oleh motor drain tidak kuat lagi melakukan penarikan, dan dapat juga terjadi karena kawat penariknya lepas dari tuas penarik yang ada pada case divi. 

      4. Sensor Presure alat ini berfungsi sebagai pengatur banyak sedikitnya air yang masuk ke mesin cuci (water level). Alat ini selalu berhubungan dengan tabung, yang menghubungkan adalah selang inled. Kerusakan yang sering terajadi alat ini yaitu sering kacau nya water level yang terditeksi oleh mesin cuci. Yang menyebabkan keruskan ini adalah beberapa hal yaitu : 1. Tersumbatnya selang inled, namun hal ini jarang sekali terjadi. 2. Tersumbatnya lubang tabung yang menjadi tempat menancapnya selang inled oleh kotoran, hal ini dapat diatasi dengan cara membersihakan tabung dari kotoran dengan cara melepas tabung dan membersihkannya sampai lubang tidak tersumbat lagi. 3. Tegangan 220VAC tidak masuk kedalam alat ini, periksa tegangan yang masuk melalui soket yang tertancap di alat ini apabila tidak ada tegangan maka dapat dipastikan alat ini baik dan terjadi keruskan pada kabel atau pcb main mesin cuci. 4. Tegangan 220VAC masuk tetapi alat ini tidak mau bekerja, hal ini dapat disebbkan karena kabel penghubung dan komponen yang ada di sensor pressure sudah mengalami korosi, hal ini dapat diatasi dengan cara mengganti kabel yang korosi dan mengganti sensor pressure.

       5. Switch door dari artinya (saklar pintu) sudah terlihat kalau alat ini berfungsi sebagai sensor pintu. Artinya bahwa pada waktu mesin cuci sedang menjalankan suatu proses pencucian sampai selesai apabila pintu tidak sengaja terbuka oleh kita maka mesin cuci secara otomatis akan berhenti proses nya. Hal itu disebabkan karena didalam switch door ini terdapat 2 lempengan yang dialiri arus 220VAC yang saling berkaitan guna untuk menjaga suatu proses pencucian tetap berjalan, apabila pintu kita buka maka 2 lempengan yang saling berkaitan ini akan merenggang sehingga arus 220VAC tidak mengalir dan mesin cuci akan berhenti. alat ini merupakan bagian safety dr mesin cuci jenis ini. Alat ini sering mengalami beberapa kerusakan yaitu diantaranya : 1. Terjadi korosi pada 2 lempengan yang saling berkaitan sehingga menyebabkan arus 220VAC tidak dapat mengalir, kerusakan pada hal ini menyebabkan mesin cuci mengalami error DE (door error) hal ini menyebabkan mesin cuci tidak dapat bekerja, kerusakan kayak gini bisa diatasi dengan cara menyambungkan langsung ke dua kabel yang menempel pada alat ini jadi apabila kita buka mesin cuci mesin cuci nya akan terus berputar. 2. Pada switch door mesin cuci Samsung selalu dilengkapi dengan sensor unbalance yang berguna untuk pada waktu proses spin pakaian tidak bisa tertata dengan rapi tabung akan menyentuh alat ini sehingga secara otomatis air akan masuk lagi guna untuk meratakan pakaian yang tidak rata, kerusakan seperti hal ini dapat diatasi dengan cara membengkokkan logam kea rah yang menjauh dari tabung. 

       6. Motor spin  alat ini berfungsi sebagai penggerak tabung pada proses pengeringan atau spin. Pada alat ini dilengkapi dengan tuas cuci/spin yang berguna sebagai pemindah dari motor wash ke motor spin. Tuas tersebut akan berpindah secara otomatis pada saat proses pengeringan mulai. Pada alat ini juga dilengkapi dengan as pulsator yang berfungsi untuk sebagai menancapnya pulsator mesin cuci. Kerusakan yang sering terjadi pada alat ini yaitu : 1. Sudah lemah nya alat ini sehingga apabila pada saat proses pengeringan putaran tabung terlihat lebih pelan daripada saat normal nya, hal ini dapat terjadi karena korosi karena tempat yang lembab, sehingga alat ini tidak mampu berpuatar lebih kencang lagi. Untuk mengatasi hal seperti itu maka anda harus mengganti alat ini dengan yang baru.

       7. Pulsator alat ini berfungsi untuk memeras baju pada saat pencucian dan pembilasan. Alat ini yang menyebabkan pakaian kita menjadi bersih. Kerusakan pada alat ini jarang sekali terjadi.

       8. Motor wash & Kapasitor kapasitor berfungsi sebagai penguatan pada mesin cuci untuk proses pencucian dan pengeringan. pada setiap mesin cuci pasti memiliki ukuran yang berbeda pada kapasitas nya. Kerusakan yang sering terjadi pada alat ini adalah : 1. Putaran mesin cuci pada waktu pencucian dan pengeringan menjadi lebih lambat sekali hal ini disebabkan karena kapasitas yang ada pada kapasitor sudah berkurang sehingga penguatan tegangan tidak bisa maksimal, hal ini dapat diatasi dengan cara mengganti kapasitor dengan yang baru. Motor wash alat ini berfungsi sebagai pemutar tabung pada saat proses pencucian. Alat ini terdiri dari sebuah lilitan yang saling berkaitan. Kerusakan yang sering terjadi pada alat ini adalah : 1. Motor hangus yang disebabkan karena tetesan air dari bawah maupun atas, hal ini dikarenakan tempat motor ini berada tepat dibawah tabung dan dekat dengan lantai. Untuk mengatasi hal ini kita dapat melilitkan ulang motor nya, tetapi lebiih baik jika kita langsung mengganti dengan motor yang baru. Jika ingin mengganti motor anda harus memperhatikan soket yang menancap pada motor ini karena setiap motor berbeda jumlah pin soket dan tata letaknya. 2. Motor ini tidak bisa berputar tapi menggerang saja, hal ini sering disebabkan oleh pakaian yang melilit pada motor, karena pada mesin cuci jenis ini sering sekali pakaian keluar dari tabung apabila kita terlalu banyak memasukkan pakaian ke dalam mesin cuci. Kerusakan pada alat ini juga sering disebabkan karena tidak ada nya supply tengangan yang keluar modul mesin cuci.

       9. Tub back  alat ini adalah sisi terluar dari tabung mesin cuci yang berfungsi sebgai tempat melekatnya case divi (saluran pembungan) dan selang sensor pressure. Keruskan pada alat ini sngat jarang terjadi mungkin hanya tersumbat oleh kotoran pada lubang sensor pressure dan lubang pembuangan. Untuk mengatasi hal ini maka kita harus membongkar total mesin cuci untuk membersihkan semua kotoran. 

       10. Tabung, alat ini berfungsi sebagai untuk tempat pakaian kotor yang akan dicuci. Kerusakan pada alat ini yaitu pecah sehingga dapat merobek pakaian yang di cuci. Untuk mengatasi hal seperti ini maka kita harus mengganti tabung ini dengan yang baru.

       11. Case divi alat ini berfungsi sebagai alat pembuangan pada mesin cuci jenis ini, alat ini dilengkapi dengan katup yang dilengkapi dengan karet. Karet ini akan ditarik pada waktu proses pengeringan oleh motor drain. Keruskan yang sering terjadi pada alat ini yaitu apabila karet dan pir nya sudah aus maka mesin cuci akan membuang terus air nya sehingga mesin cuci tidak bisa digunakan untuk proses mencuci. Untuk mengatasi hal ini maka ganti saja karet dan pir nya (satu paket).
tub back

motor drain

switch door

motor spin

pulsator

kapasitor & motor wash

sensor presure

mesin cuci jenis WA

v belt

water valve





152 komentar:

  1. Terima kasih tutorialnya, kebetulan saya juga punya mesin cuci Samsung tipe WA (top loading)

    Maalahnya adalah sudah seminggu terakhir, air tidak bisa masuk kedalam. Dan tidak ada tanda-tanda water valve bekerja.
    Sudah saya bongkar, memang water valve tidak bekerja, tapi saat saya cek di seoket water valve ternyata tidak ada arus yang masuk ke water valve.
    Saya menduga karena tidak ada arus inilah maka water valve tidak berfungsi.

    Kira-kira solusinya bagaimana ya??

    Thanks

    BalasHapus
  2. Saya ada masalah minta solusinya...
    saya punya mesin cuci front loading samsung ga mau putar meski keliatanya mesinnya nyala n mendengung. Apa penyebab n solusinya ya?
    trimakasih.........

    BalasHapus
    Balasan
    1. budi bagus :
      coba tabung nya diputar putar apakah terasa susah untuk diputar atau tidak.. ada 2 kemungkinan yang terjadi mas :
      1. ada baaju yang nyagkut di dalem tabung sehingga mempengaruhi kerja tabung.
      SOLUSI : Harus bongkar tabung dan mengambil baju yang nyangkut.

      2. motor sudah mulai aus karena lilitan motor berkarat karena kelembapan (mesin cuci diletakkan di tempat yang lembab
      SOLUSI : ganti motor yang lama dengan yang baru.

      3.v- belt (karet penghubung antara mo0tor dengan tabung) sudah pecah - pecah atau juga bisa kendor.
      SOLUSI : ganti dengan v belt yang baru, kalau beli lebih baik membawa v-belt yang lam, karena biar bisa tau spesifikasinya biar cocok mas.

      Hapus
  3. rtm eff :
    sory mas baru sempet bales sekarang kalo untuk itu coba water valve dihubungkan langsung ke listrik PLN 220vac apakah bekerja atau tidak. kalau tidak mendengung berarti water valve rusak mas, tetapi jika mendengung berarti water valve masih baik. tinggal di cek kabel yang dari modul PCB depan sampai ke water valve apakah nyambung atau tidak.. gunakan multimeter untuk mengeceknya mas. kalau masih nyambung, coba nyalakan tombol power terus ukur pada soket yang mau ke water valve apakah mengeluarkan tegangan 220vac gak.. kalo misal tidak mengeluarkan 220vac maka bisa dipastikan modul PCB nya bermasalah. jika ganti modul PCB disarankan harus dengan water valve nya mas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih mas, problem di mesin cuci saya akhirnya sudah terjawab.

      Hapus
    2. dijumper bisa g ya.... g ada arus yg ke water valve

      Hapus
  4. Saya juga memakai Samsung tipe WA60B7.. Masalahnya adalah ketika tombol power ditekan tidak mau merespon/menyala, sehingga mesin tidak bisa digunakan. Padahal kondisi listrik bisa/menyala dan kabel mesin cucinya pun masih dalam kondisi bagus&baik.
    Kira-kira ini kenapa ya? Dan mungkin ada solusinya?
    Trima Kasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika yakin kabel nya sdh baik , psti dri pcb main nya , untk model ini pcb nya memakai mfs-ks6cs-12 , tp sudah tdk di produksi lg dri samsung nya ... tp ada beberapa toko yg jual lokalan nya ...

      Hapus
    2. kerusakannya sama dgn tsb diatas dgn type saya WA85W9 apakah untuk pcb mainnya dijual tersedia ditoko resmi?

      Hapus
    3. Kerusakan yg sama saya alami di wa80v4 diamond drum. Kemana saya harus servisnya di bogor?

      Hapus
  5. pada saat pertama dinyalakan, tidak ada masalah.. setelah air hampir penuh.. muncul tampilan 4E. setelah saya OFF lalu nyalakan lagi.. air kembali mengalir sampai tabung penuh, dan tetap wash dan rinse nya tidak berfungsi. tapi drain bisa berfungsi.. kira kerusakannya.???

    BalasHapus
  6. pada saat di star perintah yg masuk malah buang air(valve drain)meski pada star posisi wash,smua perintah awalnya jadi buka valve drain .Kenapa ya? Apa modulnya yang rusak? mohon pencerahanya...makasih

    BalasHapus
  7. Mas mohon bantuannya, saya punya mesin cuci samsung 1 tabung type WA80V3 kerusakannya : mesin hanya menyala sebentar saja (sekitar 5 detik) setelah itu mati sendiri, ketika tombol on ditekan nyala kembali tetapi sekitar 5 detik mati,.....kira2 apa penyebebnya ya???? Maaf artikel diatas blm membahas hal tsb. Thx ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. sm bos mesin cuciq jugas bgitu tp sy blm dpt menemukan penyebabnya.
      bos sdh dpt solusinya?

      Hapus
    2. Sy jg pny mslh yg sm, setelah 5 menit berfungsi tiba2 mati mesinnya...mohon bantuannya ?

      Hapus
    3. Mesin saya juga begitu sekarang salah dimananya ya gan, tolong bantu jawab ya makasih

      Hapus
  8. terima kasih banyak, artikel ini sangat berguna bagi saya, kebetulan sekali saya lg utak utik mesin cuci.

    BalasHapus
  9. siang mas eduardo: sy punya masalah pd mesin cuci, air tetap jalan walau saat mencuci dan mengeringkn memang pelan, water valvenya mendengung...apa solusinya mas..thx

    BalasHapus
  10. kalau mesin saya merk samsung WA85W9 juga.. walaupun mesin dlm keadaan off tapi air tetap bisa masuk.. terpaksa tetap dipake tapi krannya diatur manual.. gimana solusinya mas.. trims

    BalasHapus
  11. Saya punya tipe WA 80U3, mati dari seminggu yll. Tukang servis panggilan dan dari teknisi resmi samsung service center sendiri mendiagnosa bahwa saya harus mengganti modulnya, krn jebol terbakar.stlh dicek sana-sini,teknisi nya blg slh satu pnyebabnya krn debit air yg tdk lncar.yg shrsnya slm 10menit mesin cuci hrs sdh mncapai level yg diinginkan,krn debit kcl jd pengisian bs memakan wkt lbh dr 10 menit.itu jg pnyebab knp modulnya trbakar.yg menyedihkan,si teknisi blg,modul untuk tipe mesin cuci saya uda ga diproduksi lg dr korea sana.pdhl mesin cuci itu msh bagus,mulus,tnpa karat,jrg saya pakai (cm saya pakai buat nyuci selimut,seprei dan kl pmbntu tiba2 ga masuk)akhir kata, saya speechless habisss!

    BalasHapus
  12. mesin cuci saya Samsung WA70B7
    setelah mesin cuci mengatur level air, air belum keluar tapi mesin langsung mati sambil mengeluarkan bunyi "beep" beberapa kali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya masalah pada sensor water level.. cek sensor kemungkinn terjadi konslet kecil, lembab air atau korosi pada soket... kalau korosi, mending solder lngsung sma pin. Dan jangan lupa di keringin lokasi sekitar... saat pemasangan selang preasure harus keadaan kosong air pada tabung.
      Selanat mencoba.

      Hapus
  13. selamat pagi, mau nanya juga ni... sy jg punya yg model top loading permasalahan pertama timbul ketika air tidak bisa berhenti, setelah saya cek water valvenya jebol jd air ada yang keluar dari bulatan kecil atas watar valve nya... dan inisiatif saya langsung ganti water valve nya resmi dari SEIN. tapi masalha yg sekarang adalah airnya malah tidak bisa masuk/ngalir... tombol2 dan indikator semua normal. mohon pencerahannya. terimakasih

    BalasHapus
  14. mas bo mau naya ni kalau mesin cuci 1 tabung mati total kenapa tu?

    BalasHapus
  15. Mesin cuci saya tipe wa90v4 bermasalh ketika sedang spin bilas panel nya tersentuh dan mati secara tiba2.. dan powernya tdk dpt hidupkan kembali.. klo boleh tau bermasalah di apanya yaa.. thks

    BalasHapus
  16. sory bos aku punya masalah dengan mesin cuci aku merek samsung tipe wa60n2 ,tiap aku nyalakan kok langsung buang air ,walaupun gak ada air ,gimana cara mengatasinya ? mohon bantuannya

    BalasHapus
  17. mesin cuci saya WA70VA. keluhan saya: ketika aku tancapkan ke listrik 220 dan belum saya tekan tombol power, mesin hidup sendiri. di kotak pendeteksi berat pakaian muncul angka, tapi tidak jelas angka berapa. kemudian terdengar suara tuling.. tuling... tek... grek (berulang ulang). mohon bantuannya penyelesaiannya. terima kasih.

    BalasHapus
  18. bro saya mau curhat ni, kmrn mesing cuci samsung saya juga rusak. 1 tabung top loading juga.

    jadi panel nya bisa nyala, tapi pas di start ga ada respon (biasanya air langsung masuk)

    akhir nya telpon tukang servis elektronik panggilan, setelah di cek katanya automatic nya rusak. ganti harganya 350rb dan mereka udah sedia.

    karena penasaran trus saya awasi prosesnya, pake bongkar panel control yg di atas itu katanya meleleh kepanasan trus perlu di solder ulang. di buka pake cutter di panasin.

    trus di tanya malah ga jelas gt, katanya yg rusak perlu ganti otomatisnya di bawah tabungnya. ane coba liat mbenerinnya cuma di sambung kabel (pake selotip) di bawah tabung persis. bentuknya kaya kancing ada 2 kabelnya, cuma nggantung di bawah gt.

    setelah di coba bisa, ane sih curiga banget ini akal2annya tukang servisnya.

    apa bener ada alat semacam itu, katanya otomatisnya yg rusak, letaknya di bawah tabung cm di sambung kabel pake selotip nggantung gt.

    thanks bro

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masalahnya bukan itu mas,,,
      Jalur pada modul yg untuk swict star ada yg terputus,makanya modul di buka dan di lakukan penyambungan kembali.

      Hapus
  19. mas bro...punyaQ mesin cuci LG top loading juga...mesin bekerja seperti biasa/normal...cuma saat mau buang air (cuci & bilas) cuma bunyi cetek-cetek tapi air gak keluar jadi proses berhenti disitu...mohon pencerahannya
    TQ B4

    BalasHapus
  20. mas Bro... saya punya mesin cuci merk samsung wa70v4 saat power di onkan air tidak bisa masuk ke tabung walaupun tekanan air cukup, saya curiga dari water valvenya karena tidak mendengung tapi kadang kadang tiba2 water valve nya bekerja dan air bisa keluar dan kadang 2 tiba2 air terhenti lagi keluar kalau memang ada masalah dengan water valvenya apa bisa dibetulkan dan bagaimana cara membetulkan water valvenya demikian terima kasih dari saya cimot lumajang jatim

    BalasHapus
  21. pertanyaanku kok gak dibalas ya? mesin cuciki rewel, setelah dibongkar, eee... ternyata kabel dimakan tikus kecil. tikus pithi, kata orang. makanya hati hati dengan tikus ini, sobat. jangan sampai ada lubang yang memungkinkan tikus beraksi ya...

    BalasHapus
  22. Permisi gan mesin cuci saya kalo dicolokin langsung muter tabungnya dan pcb main nya tidak bisa difungsikan sama sekali saya coba masukin air secara manual langsung keluar persis kaya ngeringin pakaian.tolong dibls yaa apa yg rusak

    BalasHapus
  23. mesin cuci saya samken tidak bisa melakukan pengeringan.kalau pencucian normal.pada saat masuk pengeringan sesudah air keluar bukanny melakukan pengeringan (muter) tapi malah muter bawahny(sprti proses pencucian)..itu kenapa ya?saya cek tuan perpindahan dimotor spin normal??tolong pencerahannya

    BalasHapus
  24. mesin cuci samsung saya panel kontrolnya gak mau bekerja, hanya menyala tombol ON / OFF saja lainnya gak berfungsi. seandainya keylock bagaimana cara membuka?? Infox sangat saya tunggu, mskh

    BalasHapus
  25. Saya mo tanya,mesin cuci sanken AWT 799 , knapa setiap air masuk ke tabung setelah 2 detik alrm langsung bunyi dan muncul kode F1 abis itu mesin tdk mau bekerja..trimakasih

    BalasHapus
  26. sy mau tanya, mesin cuci saya samsung WA70V4, saat dibuat mencuci, setelah proses peras, mesin langsung mati, saya cek power masih masuk, mohon penjelasannya.

    BalasHapus
  27. Mesin cuci saya 1 tabung top loading berasap,,, kira2 apa ya kerusakannya.

    BalasHapus
  28. mas saya mau tanya saya punya mesin cuci 1 tabung selah pebgisian air tiba-tiba mati sendiri dan terkadang klo sudah terisi air msin bekerja belun selasai tiba-tiba mati sendiri apa permasalahan nya mohon solusinya?

    BalasHapus
  29. saya pengguna mesin cuci samsung top loading. akhir2 ini setiap proses spin pada tarikan pertama selalu keluar bunyi berisik. namun itu keluar saat tarikan pertama saja. bagaimana cara mengatasinya?

    BalasHapus
  30. banyak sekali pertanyaan, sepertinya tidak ada balasan RESPON

    BalasHapus
  31. salam kenal, mau tanya mesin cuci merk samsung yang saya pake ko ada suara grek grek grek kalau di isi, tapi klw kosong tida ada suara itu tlg gimana cara menanganinya terima kasih

    BalasHapus
  32. Mas mesin cuci aku samsung wf 1752 front loading.setiap nyuci suka keluar air dibagian bawah mesin.mhn bantuannys tks

    BalasHapus
  33. mas mo nanya saya punya mesin cuci samsung WA70V4 saat saya tekan tombol ON/OFF nyala normal tapi tombol lain ngk respon akhirnya proses tidak bisa berlanjut kira kira kerusakanya apa ya mas mohon pencerahanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini yg saya tunggu balesanya tapi kok gak da respon atau admin juga gak tau masalahnya

      Hapus
  34. Boz mesin cuci saya sharp ES-F865S-P habis nyuci lagsg Eror bunyi tit tit tit tdk bisa spin

    BalasHapus
  35. mesin+cuci+samsung+start/pause+tiba2+ga+berfungsi

    BalasHapus
  36. mesin cuci merk samsung 1 tabung tombol strat/pause tiba2 mati gak berfungsi kira2 kerusakan di apanya apa harus di ganti komponennya?

    BalasHapus
  37. Mau tanya mas... Mesin cuci Samsung tombol; start/pause tiba2 ga berfungsi. tombol lain normal, lampu2 menyala normal. saat mulai mencuci, ditekan tombol start tidak ada respon. sudah coba aku matikan, cabut kabel power masih tetap ga respon.

    BalasHapus
  38. Samsung WA70V4
    Kasus: air tidak mau masuk kedalam mesin saat akan mencuci, kondisi air lancar. Mohon solusi dan contact person samsung center untuk wilayah kota pontianak-kalbar

    BalasHapus
  39. Kasus saya sama persis ma mas micko

    BalasHapus
  40. dimana bisa beli water valve wa70v4 di surabaya-sidoarjo bosss ???
    thanks

    BalasHapus
  41. Mas mohon pencerahan klo kluar kode de tp mesin cuci jalan pelan sambil kluar kode de itu gmn bnrn nya y .??pintu tertutup rapat

    BalasHapus
  42. Mas mohon pencerahan klo kluar kode de tp mesin cuci jalan pelan sambil kluar kode de itu gmn bnrn nya y .??pintu tertutup rapat

    BalasHapus
  43. Punya saya nggak bisa keluar gan air pembuangannya. Masalah pulsator apa yg mana ya? Ane panggil tukang servis gak berani buka.

    BalasHapus
  44. Punya saya nggak bisa keluar gan air pembuangannya. Masalah pulsator apa yg mana ya? Ane panggil tukang servis gak berani buka.

    BalasHapus
  45. mlm om... mesin cuci saya samsung wa80v4 masalah nya gak bisa spin.. tp proses lain normal. n gak muncul kode eror apa2..mohon pencerahan... buat catatan om.slama ni ak masukkan ya air secara manual dengan slang langsung ke tabung,soalnya water valve nya dah gak ada.maklum belinya seken hehehehe tp dulunya smua normal,walaupun masuknya air jg manual.n klo mo beli water valve dimana ya trus harganya berapa? tq

    BalasHapus
  46. Salam kenal
    Mesin cuci sy inveter directdrive 6kg..permasalahannya adl ketika sdh dipilih jenis pencuciannya stlh tkan start lampunya kedip2 dan bunyi titut-titut ga bsa beroperasi, kira2 knp ya..mohon pencerahannya..
    Mksh.

    BalasHapus
  47. Mas gimana cara mengganti case divi pada mesin cuci merk samsung...terima kasih...

    BalasHapus
  48. samsung wa80v4 ,dicolokin arus, display langsung menyala ,tapi tombol power tidak berfungsi ,begitu
    menjalankan program baru sebentar langsung mati ,susah hidup lagi kira2 apanya mas,mohon solusinya

    BalasHapus
  49. Mas saya punya MC front loading biasanya saat dicolok bunyi dan kmdian power lalu start...tp skrg mati total diklik tombol apapun tdk menyala, kira2 masalahnya dimana ya? Kapasitornya? Modulnya? Atau Fusenya?

    BalasHapus
  50. Mesin cuci saya berkerak, sudah 10 kali dibersihkan dengan air, mesin dinyalakan seperti mencuci. Tetapi kotoran keraknya tidak hilang juga, harus bagaimana supaya bersih total ya? Mohon dibantu.

    BalasHapus
  51. Mesin cuci saya berkerak, sudah 10 kali dibersihkan dengan air, mesin dinyalakan seperti mencuci. Tetapi kotoran keraknya tidak hilang juga, harus bagaimana supaya bersih total ya? Mohon dibantu.

    BalasHapus
  52. Malam mas saya mau bertanya ne saya punya samsung wa-70va masalah nya kalau dicolokin ke listrik gq mau di star kira2 apa nya thu ea mas kerusakan nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cek jalur pln 220v masuk sampai modulnya apa tidak? Kalau bisa sampai modul, berarti masalahnya pasti di modul. Modulnya sudah usai dari pabriknya... hehehehee cari ditoko loakan...

      Hapus
    2. Cek jalur pln 220v masuk sampai modulnya apa tidak? Kalau bisa sampai modul, berarti masalahnya pasti di modul. Modulnya sudah usai dari pabriknya... hehehehee cari ditoko loakan...

      Hapus
  53. Mz samsung diamond, Drain berjalan normal tapi motor/dinamo tidak berputar kerusakan pada bagian apa? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pertanyaan kirang jelas.. kalo nerjalan normal kok gak bisa berputar....?

      Hapus
  54. mesin cuci kok samsung diamond drum , awal cuci bisa om setelah untuk buang airnya tidak bisa keluar 4e dan saya cek tidak ada tersumbat saya bongkar dan saya tarik sekepnya air ndak bisa keluar apanya ya om mohon petunjuk

    BalasHapus
    Balasan
    1. error code 4e itu artinya tekanan air yang masuk kurang gan... cek supply airnya gan.. pasti airnya gak lancar... coba cek semua jalurnya..

      Hapus
  55. Mas tolong, kenapa mesin cuci sy hanya bisa hidup 2 hari sekali...setelah itu mati lagi. Terima kasih banyak ( samsung WA baru 6 bulan)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf penjelasan krg jls.
      2 hr skali tu maksudnya selain 2hr itu mati total ato gmn?
      Ato masih nyala cuma error ato gmn?
      Kalo modul nyala cuma error saat nyuci itu kemungkinan lembab pada sensor water level/jalurnya.
      Penyebab lembab:
      1. Bagian atas sering kesiram air.
      2. Bagian atas tertutup dengan bahan plastik (perlak plastik, dll) jangan di krukup dgn bhn sejenis.
      3. Ruangan mesin pengap, kurang sirkulasi udara bebas.

      Mungkin agan bisa lebih menjelaskan kronologi kasusnya. Agar saya mungkn bisa bantu.
      Tq...

      Hapus
  56. Mas tanya..mesin cuci sya smsung front load..waktu pencucian normal..tpi waktu pembilasan air gak keluar..sudah sya bersihin..sya cek selenoid valve nya panas mas..kira2 knpa ya mas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pada layar LED keluar kode error apa?
      Dari situ kamu bisa cari tau masalahnya...

      Hapus
  57. mesin cuci saya samsung wa70va saklar strat tdk berfungsi padahal saklar yang lain normal .kenapa yaw?.....tolong siapa yang bisa bantu.mks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo semua tombol normal, berarti itu tombolnya... musti di sobek bagian belakan modul pas di bawah tombol start.
      Solder dengan tombol darurat, sambung pake kabel pada kaki tombol start.
      Di coba, kalo berhasil tinggal ganti tombolnya. Jangan lupa di lem yg rapat lagi, pake lem bakar ato silikon.

      Hapus
    2. Maaf mas mau tanya..
      Punya saya samsung wobble 7kg..
      Waktu pemutaran spin kencang..
      Mngeluarkan bunyi sperti kipas yg beradu ke sebuah benda..
      Kira kira itu knapa ya mas..

      Suarany Sperti kita menaruh sbuah benda ke kipas angin yg berputar..
      Kira kira sperti itu bunyi nya mas..

      Mohon bantuan nya mas.. Trimakasih

      Hapus
  58. mesin cuci saya samsung wa70va saklar strat tdk berfungsi padahal saklar yang lain normal .kenapa yaw?.....tolong siapa yang bisa bantu.mks

    BalasHapus
  59. Mau tanya mesin cuci saya samsung wa70h, ketika di nyalakan langsung berputar, kira kira apanya? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya hal tersebut masalahnya pada sensor water level, mengalami over sensitip, ato dia ada lembab.
      Menurut pengalaman, mending semua instalasi perkabelan di bongkar total, bersihkan dan keringkan, cek semua kabel dari yg pecah2 atau sobek, atau sambungan2. Semua harus terhindar dari lembab/air. Beri sealer kalo perlu. Intinya mesin cuci itu adalah tempat yg penuh drngan air, akan tetapi semua komponen penggeraknya yg di dalamnya itu tidak boleh merasa terkerna air. Harus kering.
      Pikir aja bagaimana caranya...

      Hapus
  60. mesin cuci di start tidak mau berputar, tidak mendengung,.. hanya lampu untuk setingan aja yagh hidup.. mesin cuci samsung satu tube, saya biasa masukan air dari selang biasa lsng ke tube..tp tidak ada masalah slama ini.

    BalasHapus
  61. Om saya mau tanya
    gimna y mengtasi mesin cuci ku air masuk trus langsung keluar
    masalnya apa saja y mohon penjelasan

    BalasHapus
  62. mas mohon solusinya.... mesin cuci samsung diamond drum saat proses dia mati sendiri tapi hidup lagi, waktu matinya kadng 1/2 jam, kadang 1 jam lebih, mohon penceraha....

    BalasHapus
  63. mlm om... mesin cuci saya samsung wa80v4 masalah nya gak bisa spin.. tp proses lain normal. n gak muncul kode eror apa2 ,katub pembuanga. Air jg tdk mau turun..saya kira motor drain ny yg rusal tp stelah sy blikan yg baru jg sma saja...mohon pencerahan... Tq

    BalasHapus
  64. mlm om... mesin cuci saya samsung wa80v4 masalah nya gak bisa spin.. tp proses lain normal. n gak muncul kode eror apa2 ,katub pembuanga. Air jg tdk mau turun..saya kira motor drain ny yg rusal tp stelah sy blikan yg baru jg sma saja...mohon pencerahan... Tq

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ykin tdk eror, coba saat proses spin berjalan tes tegangan motor penanarik katup (220v). Kalau tdk ad berarti ad maslah di modul.
      Tambahan; motor spin akan berputar saat sensor air(water level) mendeteksi air dalam tabung kosong.
      Semoga membantu.

      Hapus
    2. Sya cek pke tespen ad tegangan yg masuk k motor drain tp motor drain narikny kya g kuat...narik dkit blik lg..narik dikit baik lg jd motor pemeras g isa ikut brputar...dh katup buangan air tidak terbuka

      Hapus
    3. Jangan cek pake tespen.. tdk akurat. Harus pake voltmeter. (Hasil +-220v).
      Untuk motor pemeras/spin. Itu akan berputar kalao air dalam tabung sudah habis.
      Kalao teg 220v tp masih bkm bisa narik. Bongkar motor penarik, cek kabel penarik (harus lancar/tdk berat, bersih dr karat). Cek katup air (mungkin kotor, hingga berat untuk ditarik), cek tuas gear yg memindahkan antara washing dan spin (mungkin karatan, sehingga motor drain tdk mampi menarik tuasnya).
      Intinya kamu harus pahami cara kerjanya.
      (Peringatan. Alat seorang teknis minimal adlh avometer/multitester. Tespen hanyalah sebuah viguran orang BTL)
      mohon maaf bila ad kata3 yg krg berkenan. Semua itu hanya untuk memotivasi.

      Hapus
  65. Tambahan info:
    Bagi pengguna android/ios. Dapatkan APP yg memberikan pulsa gratis all op. Hanya dengan mencoba APP-nya.
    Info lengkap dan dowload disini:
    https://mcent.com/r/VXI3WN

    BalasHapus
  66. Kapasitas kapasitor untuk Samsung WA80U3 yg untuk mencuci brp ya bang ?trm ksh

    BalasHapus
  67. mohon info mesin cuci samsung WA85H4400SS, kondisi mati (panel mati) setelah beberapa menit (belum selesai), dicabut kabel listrik, dicolok lagi, bisa ON lagi, tapi mati lagi beberapa menit mhn solusi

    BalasHapus
  68. Ijin bertanya gan.....mesin cuci saya samsung WA70VA tidak mau rinse dan spin..kira - kira penyebabnya apa ya?

    BalasHapus
  69. Sy mau tanya mesin cuci saya water levelnya tidak bisa diatur kenapa ya'dipencet tdk fungsi.mesim cuci samsung diamond type bari 1 tabung.mksh

    BalasHapus
  70. Gan Kalo mo pesen pulsator LG model WF-L750TC bisa ga. didaerah cirebon dah ga da yang jual gan. atau mungkin agan tau harus beli dimana.sy udah tanya ke service center nya LG. tapi katanya udah ga produksi gan. mohon bantuannya gan

    BalasHapus
  71. maaf gan saya mau tanya kalau beli Modul Mesin Cuci Samsung wa80u3 dimana ya? mohon bantuannya.makasih

    BalasHapus
  72. Mesin cuci sy WA95F5S5 posisi on tidak bs star. Tombol pilihan lainnya tdk fungsi jg. Mohon pencerahaya mas.

    BalasHapus
  73. Mesin cuci sy WA95F5S5 posisi on tidak bs star. Tombol pilihan lainnya tdk fungsi jg. Mohon pencerahaya mas.

    BalasHapus
  74. Tempat saya wa90v4 tombol poeer nyala tapi saat start ndak bisa, dan level air, terlalu rendah, air ndak bisa ngisi. Solusinya saya ganti board nya 800 ribu,..... semuanya beres dan berjalan noral

    BalasHapus
  75. kecewa deh sama mesin cuci samsung. baru 4 thn-an dipake udah meledak. gak akan pake merk ini lagi. sy pake yg top loading diamod drum. merk apa yg awet ya?

    BalasHapus
  76. kecewa deh sama mesin cuci samsung. baru 4 thn-an dipake udah meledak. gak akan pake merk ini lagi. sy pake yg top loading diamod drum. merk apa yg awet ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masalah merk. Asalkan branded patent.. menurut pengalaman... kecuali gagal produk.
      Mampu dipakai lebih dari 4thn smp 10thn aj bs...
      Yg bikin tdk awet adlh pemakainya. Maaf,.. mungkn krg prawatn.. overload. Biarpun dia itu mesin.. anggaplah dia itu pembantu (manusia).

      Hapus
  77. gan Mesin cuci Saya merk Samsung WA 80v3 modul nya katanya harus ganti nah Saya Mau cari info harga Sama di Mana ya mas Saya ada sekitar Surabaya sih

    BalasHapus
  78. mesin cuci saya samsung WA 70 baru beli, tapi tabungnya tidak mau berputar kenapa ya?

    BalasHapus
  79. Gan mau tanya, mesin cuci sy samsung WA70 saat fungi peras yg berputar bukan tabungnya. Tapi hanya bagian tengah pulsator saja. Mohon pencerahan apa kerusakannya.

    BalasHapus
  80. Siang mesin cuci saya smsung 1 tabung saya cari selenoid 2out ?

    BalasHapus
  81. Mau tanya mesin cuci Samsung w70 mati total sudah di cek Power ada tp tidak bisa on.mohon solusinya

    BalasHapus
  82. Mau tanya mesin cuci Samsung w70 mati total sudah di cek Power ada tp tidak bisa on.mohon solusinya

    BalasHapus
  83. Maaf, mas, mau tanya. Mesin saya saya samsung diamond of drum 90 kg kode WA90V4. Ketika ditekan tombol on/off, muncul kode t1 dan yang menyala hanya lampu spin. Tonjolkan jadi tak berfungsi termasuk untuk mematikan harus dengan mencabut kabel. Mohon informasi dan solusinya, mas. Terima kasih.

    BalasHapus
  84. mohon panduan, meain cuci samsung topload, menu on of saja yg bisa ditekan tapi menu lain tidak bisa respon. kira2 gimana ya?

    BalasHapus
  85. Mohon solusinya,
    Mesin cuci Samsung WA70B7 water level posisi Hight tpi air ga penuh, apa masalahnya? Trims

    BalasHapus
  86. Assalamualaikum....
    Mesin cuci Samsung type wa90v4 msh normal, tetapi kemudian sy gak pake selama 2 minggu...dan lupa mencabut stopkontaknya. Sekarang mau dipakai kok gak bisa alias knop startnya gak berfungsi. Sy udah bersihin saringan air yg masuk, cabut stop kontaknya 30 menit...tapi tetap saja gak berfungsi tombol start.....mohon pencerahannya. Tidak ada kode error sama sekali. Tks

    BalasHapus
  87. Assalamualaikum....
    Mesin cuci Samsung type wa90v4 msh normal, tetapi kemudian sy gak pake selama 2 minggu...dan lupa mencabut stopkontaknya. Sekarang mau dipakai kok gak bisa alias knop startnya gak berfungsi. Sy udah bersihin saringan air yg masuk, cabut stop kontaknya 30 menit...tapi tetap saja gak berfungsi tombol start.....mohon pencerahannya. Tidak ada kode error sama sekali. Tks

    BalasHapus
  88. Mas saya mau tanya ...
    Kalo mesin cuci samsung itu pas nyuci ditekan tombol spin+rinse ke 2 degan waktu 30 pas awal nyala pas ke 28mati bunyi bunyi itu knpa ya ?? Maksh

    BalasHapus
  89. Mas saya mau tanya ...
    Kalo mesin cuci samsung itu pas nyuci ditekan tombol spin+rinse ke 2 degan waktu 30 pas awal nyala pas ke 28mati bunyi bunyi itu knpa ya ?? Maksh

    BalasHapus
  90. Boss,
    Mesin cuci saya seri WA90F4
    Pagi ini pada saat mencuci tiba2 meledak, memang biasanya di pagi hari pressure air tidak besar. Apakah karena kekurangan supply air sehingga memaksa mesin

    BalasHapus
  91. Terimakasih atas penjelasannya.

    BalasHapus
  92. bisa bantu mas mengenai falfe air yg gak berfungsi krn tegangannya gak ada, kira kira di bagian komponen yg mana yg rusak?

    BalasHapus
  93. Mas misi mau tanya ni sya puya mesin cuci wa,kerusakan ya pada water valve awal ya kebakar dan saya coba ganti namun water valve ini trus berkerja saat tombol power hidup,seharus kan di saat tombol setar jalan water valve ini, tolong solusi ya,,
    Via wa 083891445734

    BalasHapus
  94. Mau nanya Gan...mesin cuci saya di rumah Samsung tipe front loading 6.5 kg beli tahun 2014. Sudah beberapa kali mengalami masalah dan terakhir tidak mau menyala sama sekali. Setelah dipanggil tukang service alhasil divonis PCBnya hrs diganti karena ada yang terbakar. Sekarang sudah bisa menyala dengan normal. Tetapi sering kali tidak bisa menyala sama sekali (tidak bisa on) dan setelah didiamkan beberapa hari kemudian bisa menyala lagi. Kondisi ini sering terjadi berulang-ulang sehingga sangat merepotkan apabila kita butuh untuk memcuci tapi mesin tidak mau menyala. Mohon masukannya gan apa kira-kira penyebabnya dan bagaimana solusi untuk mengatasinya. Terima kasih

    BalasHapus
  95. dimanakah nyari spare part nya, misal sabuk karet, filter air dll....apa.......kayak merek sebelah selesai pakai udahan

    BalasHapus
  96. SayA punya mesin cuci merk samsung wa80v4 ada eror IE dan OE itu knp ya gan,mhn pencerahannya.makasi

    BalasHapus
  97. Bos mau tanya mesin cuci saya front load modulnya hidup tapi eror bisa kasih tau apa masalahnya bos makasih

    BalasHapus
  98. Permisi mas, mau tanya saya punya mesin cuci mati saat proses pencuian
    Dan pas saat saya hidupkan kembali... Mesin cuci tersebut tiba" mati total.
    Tolong untuk info nya terimakasih

    BalasHapus
  99. Permisi mas, mau tanya saya punya mesin cuci mati saat proses pencuian
    Dan pas saat saya hidupkan kembali... Mesin cuci tersebut tiba" mati total.
    Tolong untuk info nya terimakasih

    BalasHapus
  100. Maaf saya mau tanya .. mesin cuci saya jenis wa .. saat melakukan pengeringan bagian bawah tabung berputar tapi tabung atasnya tidak berputar. Hal ini biasanya dikarenakan kenapa ya ? Tolong saya di beri pencerahan

    BalasHapus
  101. saya pemakai samsung diamond drum 7kg, ketika proses berlangsung tiba tiba mati total.setelah saya cabut selama 5 menit dan saya hidupkan lagi proses pencucian berlanjut tetapi mati total kembali.dan seperti itu terus... mohon pencerahaan bos...trim

    BalasHapus
  102. Mohon arahan Mas..., Mesin cuci Smasung WA70V4 yang berfungsi hanya tombole power saja.., yang lain gak bisa. (saya sudah jumper di kaki switch nya dr J12 jg J26).., ttp gk bisa mas.
    gmana ya kira2 mas??

    BalasHapus
  103. mas agak melenceng nanyanya gpp ya? saya beli mesin cuci bekas, tanpa v belt,karena udah lama g dipake karena putus, saya mau ganti v belt baru,tapi type nya saya ga tahu,ga ada contohnya, mungkin mas bisa bantu kode v belt nya apa, mesin saya samsung frontloading wf0702nce 7 kg,makasih banyak bantuanya mas

    BalasHapus
  104. aku punya mesin cuci samsung wa80v 3, tapi modulnya rusak, apa bisa pesan dan kalo tidak ada apa ada persamaannya?

    BalasHapus
  105. Mohon solusi mas... Saya punya mesin cuci bekas. SamSamsung tipe WA70WA70V4.. Maslaahx. Semula otomasi dia ngisi air. To ini saya bersihin.. Dia jadi. Manual. Gak ototomis jadinya. Penyebabx apa yaa. MoMon solusinya trm kaaih

    BalasHapus
  106. Saya juga punya mesin cuci samsung satu tabung,,, Kalo udah dua kali dipake,, 2 hari kedepan gk mau hidup, hari ketiga baru bisa hidup.. Kira-kira kenapa y bos???

    BalasHapus
  107. Mohon bantuannya pak, kendala di mesin cuci milik saya Samsung diamond drum, semua tombol & layar indikator berfungsi namun mesin tdk berfungsi, mohon solusi pak. Terima kasih.

    BalasHapus
  108. Mesin cuci samsung milik saya tombol start berfungsi,air mengalir tapi bablas langsung ke selang pembuangan.
    Solusinya gmna mas?
    Yolong pencerahannya
    Terimakasih

    BalasHapus
  109. Gan numpang tanya nich.....kalau gear box mesin cuci otomatis samsung WA 90 F4 bisa pakai gear box apa ya...??? Soalnya saya cari di buka lapak ga ada .kebanyakan merek lg,kalau pun ada Samsung tapi beda gear as nya ...kebanyakan as gerigi,sedang punya saya kotak / segi 4

    Makasih atas perhatian nya

    BalasHapus
  110. Saya ada kendala mesin cuci samsung wa940 error de terus padahal sudah coba dijumper langsung door switchnya

    BalasHapus
  111. Assalammualaikum..mau tanya donk, mesin cuci 1tabung samsung WA70V4 Proses pencucian n pengeringan putarannya lambat bngt malah kadang2 berhenti,, itu penyebabnya apa ya,,n solusinya gmn,, terimakasih

    BalasHapus
  112. Asslmkm,,,,
    Mohon pencerahanya,kenapa hbs diservis mesin cuci sy ko ngk bs ngk bs muter tabungnya waktu masuk spin,malah yg muter pulsatornya,apakah ada kabel yg salah sambung atau gmn master,dulu diservis karena kabelnya arah modul digigitin tikus,mohon solusinya master, maturnuwun

    BalasHapus
  113. Assalamualaikum mesin cuci Samsung satu tabung saya mulai kemarin keluar asap bbrp saat setelah proses pencucian, mohon pencerahannya

    BalasHapus
  114. Assalamualaikum mesin cuci Samsung satu tabung saya mulai kemarin keluar asap bbrp saat setelah proses pencucian, mohon pencerahannya

    BalasHapus
  115. Asalamualaikum saya punya Mesin cuci samsung tipe WA85H4400ss satu tabung,rusak di modul,awalnya yang rusak tombol start dan modul cuma berkedip,ketika saya menjemper kompenen terjadi konslet sehingga sekarang mati total, kira kira gimana ya pak cara perbaikinya

    BalasHapus
  116. mesin cuci samsung saya tidak ada tegangan masuk ke swit pintu...kira2 apa ya mas

    BalasHapus
  117. terimakasih info yang sudah diberikan,sangat berguna bagi kami yang awam mesin cuci...

    BalasHapus
  118. Mas mau nanya mesin cuci rumah wa75h4200 modulnya terbakar, jika d ganti dgn yg model wa80 bisa tidak? Trm kasih.

    BalasHapus
  119. Mas saya punya mesin cuci samsung wa, air belom masuk tapi mesin berputar trs mati isi air sedikit putar lagi, itu knp yaa?

    BalasHapus
  120. Mas mesin cuci saya samsung WA70B7
    waktu mulai jalan mutar kiri kanan
    Bunji (tak tak tak)
    Tolong info nja mas yang rusak apa nja
    Terima kasih

    BalasHapus
  121. saya mau tanya modul mesin cuci samsung wa80v3 rusak, apa bisa diganti dengan tipe yang lain?

    BalasHapus
  122. Mesim cuci sy samsung jenis wa70va baru ganti modul, ttp gak bisa beroprasi jg, kira kira apan ya? mohon saran'y trimakasih

    BalasHapus
  123. Mesim cuci sy samsung jenis wa70va baru ganti modul, ttp gak bisa beroprasi jg, kira kira apan ya? mohon saran'y trimakasih

    BalasHapus
  124. Kalau mesin cuci Samsung 1 tabung tidak bisa wash tapi spin bisa kira2 apa ya yg rusak

    BalasHapus
  125. Mas mau tanya saya pakai mesin cuci woblle 7kg,,setiap sampai di spin bisa jalan tapi ketika mau selesai smpai spin mati sendiri dan nyala sendiri,,5 menit kemudian mati lagi dan nyala sndiri lagi..mohon info🙏

    BalasHapus