Cari Blog Ini

selamat membaca dan berikan komentar setelah membaca

Kamis, 11 April 2013

coretan tentang AC Samsung part 1

AC bag. indor samsung
motor fan
thermistor
blower indor AC
evaporator
filter
Coretan seputar AC Samsung part 1 :
Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang indoor AC Samsung dan berbagai masalah yang sering terjadi. Berikut adalah gambar indoor AC Samsung :

Didalam indoor AC Samsung terdapat beberapa komponen yang penting, diantaranya adalah sebagai berikut :
1. MOTOR FAN  motor fan ini berfungsi sebagai penggerak blower indoor AC. Bagian motor fan dengan blower indoor AC direkatkan oleh sebuah mur yang bisanya berukuran 8mm. untuk melepaskan mur tersebut gunakan kunci T yg berukuran 8mm, karena kalo pakai obeng pasti anda kesusahan. Berikut adalah kerusakan – kerusakan yang sering terjadi pada motor fan ini yang dapat menyebabkan AC tidak mau bekerja :
·         Eror E154 : eror ini disebabkan karena motor fan tidak dapat berputar (macet), hal ini disebabkan oleh sarang semut yang ada didalamnya. Pasti anda bertanya “kenapa semut bias ada didalam situ ?”. hal itu disebabkan oleh lubang bekas penginstalasian yang belum diambal dengan semen. Cara memperbaiki kerusakan tersebut adalah sebagai berikut : 1. Lepaskan chasing AC indoor lalu lepas pcb main dan buka baut yang ada di tempat PCB (ada 4 baut) lalu buka baut evap (ada 3 baut). 2. Setelah semuanya sudah terbuka lalu lepaskan baut antara motor fan dan blower dengan menggunkan kunci T. 3. Setelah motor fan terlepas maka buka karet dan logam penutup motor fan tersebut dengan cara dicongkel dengan menggunakan obeng min. 4. Setelah terbuka bom pasti bnyak sarang semut yang ada didalam yang menyebabkan motor fan tidak dapat berputar. Bersihkan sampai bersih lalu pasang lagi dan coba sret paasti AC dapat beroperasi kembali dan eror E154 tidak muncul lagi. Apabila eror masih terjadi lagi maka ganti motor fan karena PCB yang ada didalam motor fan sudah rusak atau short karena sarang semut.
2. thermistor  bagian berfungsi sebagai pengatur dan penditeksi suhu yang ada pada suatu ruangan. Alat ini menyesuaikan suhu yang ada di ruangan sehingga suhu yang di hasilkan  oleh AC dapat stabil dan tidak terlalu dingin dan kurang dingin. Hambatan pada alat ini berkisar 5kohm. Kurag dari tersebut maka alat ini dapat dinyatakan rusak dan harus diganti. Keruskan yang sering terjadi pada alat ini adalah sebgai berikut :
·         E122 :eror ini merupakan indikasi bahwa nilai hambatan yang dihasilkan oleh alat ini sudah berkurang. Cara mengatasi hal ini adalah dapat dengan cara memanasi alat Ini dengan api pada bagian logamnya sampai nilai hambatannya kembali normal, tetapi hal tersebut tidak dapat bertahan secara lama, jadi apabila eror tersebut terjadi pada AC anda maka lebih baiknya ganti saja thermistor nya.
3. blower indoor AC bagian ini berfungsi sebagai peniup udara dingin yang dihasilkan oleh evaporator. Kerusakan yang sering terjadi pada bagian ini adalah tidak dingin dan hembusan angina yang dihasilkan oleh indoor AC tidak rata. Tidak bias memutar nya bagian ini disebabkan karena motor fan nya macet.
4. Evaporator  bagian berfungsi sebagai penyalur Freon dari bagian outdor ke indoor. Keruskan yang sering terjadi pada bagian ini adalah beku pada bagian kunci L outdor (pipa tekan) dan evap keluar oli. Apabila terjadi pada pipa tekan saja dan keluar oli pada bgian tersebut maka test dulu dengan sunlight apakah ada gelembung udara yang timbul, apabila timbul gelembung maka dapat dipastikan evap tersebut bocor dan menyebabkan Freon berkurang dan AC no cool. Keruskan pada bagian ini dapat diatasi dengan dilas / dipatri di tempat bengkel radiator atau data juga diatasi dengan cara diganti dengan evaporator yang baru. Indikasi lain dari keruskan bagan ini adalah dengan cara memegang bagian evap secra merata apakah ada bagian evap yang tidak dingin. Jika tidak merata maka evap rusak / terjadi kebocoran.
5. filter  bagian ini berfungsi untuk menyaring udara yang masuk ke indoor AC agar tetap bersih. Pada bagian ini jarang sekali terjadi kerusakan, malah pada bagian ini menyebabkan AC bias no cool karena kotoran / debu yang menempel pada bagian ini sudah bnyak sekali sehinggga udara yang masuk tidak bias karena terhalang debu. Pada AC Samsung filter  ini harus dibersihkan secara berkala yaitu 2 minggu sekali, karena agar AC tetap dingin.
6. PCB main pada bagian yaitu bagian paling penting Karen control dari semua komponen yang ada pada AC indoor maupun outdor. Pada AC Samsung bagian ini terdapat beberapa soket (untuk motor fan, thermistor, motor steping, virus doctor, pcb display, dll). pada bagian ini juga terdapat relay yang berfungsi sebagai saklar tegangan 220VAC yang akan disalurkan pada bagian outdor AC. Keruskan yang sering terjadi pada bagian ini yaitu : tidak ngonect nya antara indoor dengan outdor yang menyebabkan bagian outdor tidak menyala dan AC terasa no  cool dan Cuma ada hembusan seperti kipas angina aja. Hal ini disebabkan Karen kompresor tidak dapat tegangan 220VAC dan tidak dapat bekerja sehingga Freon tidak dapat tersalur pada bagian indoor. Keruskan seperti itu tadi dapat diatasi dengan cara mengonect kan secra langsung relay nya dengan menggunkan obeng. Atau dapat juga dijeglekkan listriknya. Jika kedua solusi tersebut tidak bias maka ganti saja bagian relay nya dengan yang baru, karena dapat dipastikan relay sudah lengket dan tidak dapat bekerja secara normal.
7. PCB display pada bagian ini terdapat sensor remote yang berfungsi sebagai sensor control remote. Keruskan pada bagian yaitu sering terjadi pada sensor remote nya (mata kucing) yang menyebabkan remote tidak bisa digunakan untuk mengontrol suhu dan putaran motor yang diinginkan. Apabila terjadi keruskan pada bagian itu ganti saja mata kucing nya atau kalau tetap tidak bisa maka harus diganti pcb display nya.
8. Motor stepping pada bagian ini berfungsi sebagai penggerak swing fan keatas dan kebawah. Kerusakan yang sering terjadi pada bagian ini yaitu tidak dapat bergeraknya swing fan. Apabila terjadi kerusakan seperti itu maka ganti saja motor nya. Cek juga tegangan yang masuk pada motor ini (12VDC).

7 komentar:

  1. Mantap gan.. Mksh informasi ...

    BalasHapus
  2. mantab infonya mengenai ac. saya juga ada nih mengenai ac lainnya silahkan kunjungi di service ac sidoarjo

    BalasHapus
  3. Terima kasih, sangat membantu

    BalasHapus
  4. Infonya sangat membantu mantap

    BalasHapus
  5. fan indoor rpm nya kencang sekali trus langsung berhenti dan error

    BalasHapus
  6. in doornya sering keluar air..jika sdh dibersihkan tdk lama kemudian keluar air agi. kenapa y?

    BalasHapus